Binatang apakah Anda?

Binatang apakah Anda?

  •  11 bulan yang lalu

Anda sedang duduk dengan sekelompok manajer senior dalam rapat. Itu tidak berjalan dengan baik. Ide-ide Anda tampaknya disalahpahami. Komentar Anda terputus. Anda merasa diremehkan dan dikesampingkan. Ini bukan pertanda baik. Jika Anda gagal mendapatkan rasa hormat, kemungkinan Anda hanya akan meraih sedikit respon dari mereka. Departemen Anda akan kehilangan kontribusi nyata yang bisa Anda berikan. Andai saja Anda memenangkan hati dan pikiran para pimpinan di organisasi Anda. Jadi, bagaimana Anda bisa menciptakan dampak dan mendapatkan rasa hormat dari mereka?

Memiliki ide yang tepat tidak cukup. Jika Anda tidak bisa menempatkan poin spesifik yang ingin Anda sampaikan dan kepribadian Anda dengan jelas, percaya diri dan keyakinan, Anda membuang-buang waktu dan energi Anda. Anda harus menyampaikan pesan dan kompetensi Anda sedemikian rupa sehingga orang tidak hanya duduk dan memperhatikan, tetapi menindaklanjuti rekomendasi Anda.

Menciptakan dampak pribadi sangat penting. Ini kenyataan yang benar - benar terjadi dilapangan, apalagi bila usia Anda masih terbilang muda atau memiliki rekam jejak yang spektakuler. Penampilan percaya diri dan kontrol pribadi adalah hal penting untuk mendapatkan respek. Anda perlu menunjukkan kepada orang-orang di sekitar Anda bahwa Anda senang berada di sana dan memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Pada saat yang sama, Anda perlu membaca situasi dan kepribadian sehingga Anda dapat menyesuaikan pendekatan Anda. Ini berarti Anda perlu memahami sifat binatang yang juga mewakili gambaran kita di organisasi.

Jenis hewan
Kita masing-masing memiliki campuran karakteristik, menciptakan individu yang unik seperti kita semua saat ini. Meskipun demikian, kami juga memiliki sifat dominan yang dapat dikategorikan ke dalam empat kelompok. Pada beberapa pelatihan kepemimpinan, kami menggunakan model 'hewan' yang menghibur namun bermanfaat, yang mungkin sudah Anda kenal. Kami membaginya menjadi monyet, singa, kuda, dan burung hantu.

Bayangkan orang-orang yang bekerja dengan Anda. Berdasarkan deskripsi karakteristik di bawah ini, Anda harus dapat menemukan hewan yang paling cocok dengan sifat dan pendekatan mereka. Tidak ada hewan yang lebih baik atau lebih buruk dari yang lain - tetapi mereka sangat berbeda.

Singa 

Hewan ini cenderung bersifat otokratis, mandiri dan berkemauan keras. Berwenang dan berorientasi pada tujuan, Singa melompat ke tantangan, mengambil tindakan tegas dan berusaha mendominasi proses penyelesaian masalah. Paling ekstrem, mereka mampu memotong untuk mengejar. Singa tidak toleran terhadap saran dan perasaan orang lain, menginginkan hasil langsung dan gagal untuk bekerja sama.
Terbaik di: Berada dalam Kontrol
Gambaran sosial: Diktator
Menanggapi situasi yang penuh tekanan: "Jika Anda tidak tahan dengan panas, keluarlah dari dapur."

Kuda 

Adalah makhluk yang peduli, sangat berlawanan dengan Singa. Mereka menghargai hubungan pribadi yang dekat dan secara aktif mendengarkan pendapat orang lain. Kuda itu stabil, tenang dan mendukung, bekerja perlahan dan kompak sambil menghindari konflik. Kualitas kesabaran, kesetiaan, dan pertimbangan adalah sisi positif dari kepasifan, ketergantungan, dan keragu-raguan.
Terbaik di: Mendukung orang lain
Gambaran sosial: Tunduk
Menanggapi situasi yang penuh tekanan: "Oke, jika itu yang harus Anda lakukan, kami akan mencobanya."

Monyet 

Adalah binatang yang suka bergaul dan spontan, melompat cepat di antara aktivitas. Intuitif dan emosional, monyet suka terlibat. Mereka cenderung bermimpi yang dramatis, mengambil risiko dan membujuk orang lain untuk mengikuti pelangi. Paling-paling mereka adalah visioner yang terbuka dan antusias: pemborosan waktu impulsif dan tidak konsisten.
Terbaik di: Bersosialisasi
Gambaran sosial: Konfrontasional
Menanggapi situasi yang penuh tekanan: "Dengarkan kamu idiot, aku muak dengan caramu memperlakukanku."

Burung hantu 

Ia memperhatikan detil dan cenderung memiliki kepribadian yang serius. Ketekunan lebih penting daripada imajinasi atau tenggat waktu. Didorong oleh data, Burung hantu adalah hewan yang cerdas, terstruktur dan terorganisir, yang dikhususkan untuk 'memperbaikinya'. Berhati-hati dan patuh dengan otoritas, mereka suka bekerja secara metodis melalui tugas-tugas objektif dalam lingkungan yang terkendali. Ini bisa membuat mereka kesal dalam menghadapi perubahan.
Terbaik di: Proses dan Sistem
Gambaran sosial: Menarik Diri
Menanggapi situasi yang penuh tekanan: "Saya tidak dapat membantu Anda lebih jauh - lakukan apa yang Anda inginkan."

Pendekatan unik. Memahami jenis hewan dapat membuatnya lebih mudah untuk mengelola pertemuan bisnis atau pesan Anda. Misalnya tidak ada gunanya mengobrol tentang cuaca dengan singa: langsung saja. Jangan berkonfrontasi dengan kuda: bicarakan masalahnya. Jika Anda tahu karakteristik Anda sendiri, Anda dapat menonjolkan kekuatan dan meminimalkan kelemahan. Jika Anda seorang kuda, lebih tegas dan benar-benar bekerja pada kontak mata; jika singa, tunjukkan bahwa Anda mendengarkan. Burung hantu harus berusaha untuk berpikiran terbuka dan menunjukkan bahasa tubuh yang penuh perhatian. Monyet perlu berkonsentrasi dan terlihat seperti orang bisnis.

Memahami jenis binatang di dalamnya memungkinkan Anda bermain dengan kekuatan rekan dan klien dan menghindari kerentanan mereka. Manfaatnya jelas. Dengan memahami bagaimana orang berdetak, Anda dapat menempatkan poin Anda dengan dampak yang lebih besar dan menyelesaikan sesuatu. Reputasi Anda di dalam perusahaan akan tumbuh - seperti halnya kepercayaan diri Anda.

Hewan membawa teori ke aplikasi kehidupan kita
Memikirkan kolega dan klien Anda dalam pengelompokan yang menyenangkan mungkin tampak tidak sopan, tetapi itu adalah cara yang luar biasa untuk membuat prinsip-prinsip komunikasi bermanfaat bagi Anda. Misalnya, monyet biasanya mengerti bahwa memulai presentasi dengan baik adalah hal yang penting, tetapi sering melupakan teori di tengah kenyataan. Namun relatif mudah untuk membangkitkan antusiasme jika Anda berpikir Anda berbicara dengan sekelompok monyet. Jika Anda dihadapkan dengan sekelompok burung hantu, bangun hubungan dengan mereka dengan menjanjikan, lalu mengirimkan, fakta dalam urutan yang logis.

Perencanaan dan penyesuaian
Persiapan dan antisipasi sangat penting dalam hal membentuk pesan dan pengiriman Anda. Di muka - atau dalam rapat itu sendiri - tujuan Anda adalah untuk memenangkan audiensi Anda. Ini berarti menyesuaikan pesan Anda dengan jenis hewan dominan.

Jika klien / bos Anda adalah burung hantu, jangan berlebihan membahas visi dalam presentasi - sebagai gantinya, berkonsentrasi pada membangun kasus secara mendalam. Singa suka membuat keputusan, jadi pimpin raja hutan yang dominan ke arah kesimpulan, alih-alih menentukan solusi. Ketika Anda bertemu seekor kuda, berkonsentrasilah pada bagaimana proposal akan mempengaruhi orang-orang dalam bisnis. Sedangkan untuk monyet, cari tahu terlebih dahulu apa yang membuat mereka antusias dan mendengarkan pesan Anda.

Jika Anda menemukan diri Anda di ruangan yang penuh dengan burung hantu atau kuda, tingkat energinya akan sangat berbeda dari pertemuan singa dan monyet. Bertindak sesuai. Jika burung hantu terlihat terganggu, libatkan mereka. Jika singa mengambil alih, bawa pandangan kuda yang kewalahan. Ketika monyet menjadi terlalu bersemangat, berhati-hatilah merendahkan ide-ide mereka. Bawa mereka kembali memijak bumi dengan pujian dan saran yang konstruktif.

Berdiri untuk kolega Anda
Jika Anda adalah seekor kuda, Anda harus siap menghadapi singa yang berpotensi abrasif. Jika Anda ingin membuat daripada merusak reputasi Anda, berurusan dengan interupsi dan agresi dengan ketenangan berlebihan. Kemudahan di permukaan mungkin bisa menutupi jantung yang berdebar, tetapi tidak ada yang tahu ini kecuali Anda.
Adaptasi tersebut juga berlaku untuk intonasi vokal Anda. Sesuaikan energi Anda dengan audiens. Jika Anda seorang kuda yang menangani singa, hilangkan keragu-raguan. Bicaralah dan bersikap tegas. Jika Anda seorang monyet yang berbicara dengan burung hantu, perlambat bicara Anda. Hentikan bahasa heperbola dan perlihatkan bagaimana segala sesuatu akan bekerja di dunia nyata.

Pertanyaan
Perilaku yang dapat beradaptasi seperti itu menyampaikan lebih dari kesan empati: dengan berbicara dengan keprihatinan dan minat penerima, persepsi akan bahwa Anda memegang kendali, selaras dengan audiens Anda dan menuju ke arah yang benar. Kesan positif ini dapat dipupuk oleh respons Anda terhadap pertanyaan. Berikan jawaban terstruktur pendek yang mengacu pada - dan membangun - poin yang telah diajukan. Guakan bahasa 'binatang' yang sesuai dengan karakteristik audiens Anda. Nyatakan kembali pertanyaan yang sulit, yang memberi Anda waktu untuk memikirkan respon yang sesuai.

Pertanyaan juga merupakan perangkat yang berguna untuk melibatkan kolega Anda. Mainkan kebanggaan singa dengan pertanyaan retoris. Libatkan kuda untuk menuliskan poin pada flipchart. Berikan semangat burung hantu Anda untuk menyarankan tindakan yang mungkin dilakukan atau tangkap antusiasme monyet yang sedang melakukan perhitungan.

Berbicaralah dalam bahasa binatang mereka
Tidak ada yang keberatan berbagi pertemuan dengan berbagai jenis hewan, selama bahasa umum digunakan. Apa pun yang Anda lakukan, gunakan bahasa orang yang Anda ajak bicara, bukan jargon khusus untuk fungsi Anda. Terlepas dari jenis hewan mereka, beberapa personel senior akan merasa percaya diri dengan teori internal - dan sebagian besar akan ingin memahami manfaat dan hasil daripada fitur dan proses. Hubungkan poin spesifik dan inisiatif Anda dengan hasil praktis dan garis bawahi pesan Anda - terutama ketika ada burung hantu dan singa.

Perkembangan baru
Jika membuat dampak menuntut kepercayaan diri dan keterampilan, maka keyakinan semacam itu harus dibangun dan teknik khusus dipelajari. Kita perlu melakukan lebih dari memahami kehidupan hewan: kita perlu merekayasa situasi yang produktif. Pelatihan dan latihan dapat membuka jalan - dan mungkin memberikan skenario baru, di sepanjang baris berikut . Sekali lagi Anda sedang rapat, tetapi kali ini Anda berbicara dengan keyakinan baru. Ide-ide Anda didengarkan - dan ditantang secara konstruktif. Saat Anda membalas, Anda terdengar kredibel. Tidak ada yang menyela. Anda telah menjinakkan hewan.